Rekomendasi Tipe Game E-Sport Populer Di Indonesia

Rekomendasi Tipe Game E-Sport

ECO GamerRekomendasi Tipe Game E-Sport Populer Di Indonesia, Menjadi seorang pemain game berpengalaman bukan suatu hal yang gampang. Selain meningkatkan dulu kemampuan dalam bermain game dengan tujuan agar tim terkemuka meliriknya, Anda juga harus kenal apa tipe e-sport. Kenapa?

Dengan mengetahui hal itu, kamu menerima info lebih banyak mengenai bidang olahraga elektronik. Di sisi lain, Anda malah jadi dapat memastikan permainan apa yang menjadi konsentrasi utama dalam menjalani karir di industri ini.

Jikalau sudah ada konsentrasi utama, memulai karir di bidang ini tidak akan terlampau sulit. Kamu cuma cukup memfokuskan diri pada permainan itu. Pahami bagaimana sistemnya bekerja, metode mengeliminasi lawan dengan bagus, dan sebagainya.

Ragam E-Sport

Rekomendasi Tipe Game E-Sport

Memang terdapat beragam game tipe e-sport yang bisa kamu tentukan. Masing-masing memiliki sistem yang lain-lain. Maka, Anda mesti mengetahui hal itu agar tidak salah. Berikutnya, inilah info komplit untukmu:

1. Multi Player Battle Arena (MOBA)

Multi Player Battle Arena (MOBA) merupakan salah satu dari berbagai tipe e-sport yang ada di dalam daftar ini. 

Secara sederhana, MOBA ialah perkembangan dari permainan bergenre Real Time Strategy (RTS). Bedanya yakni RTS cenderung mengatur banyak unit. Sedangkan MOBA lebih menekankan pada taktik kelompok.

Dengan memusatkan diri pada strategi regu, penduduk Indonesia lambat laun menyukainya. Terbukti dengan melimpahnya tim yang berkecimpung ke dunia MOBA. Banyak pula turnamen MOBA termashyur yang diselenggarakan di Indonesia.

Adapun sebagian teladan salah satu dari daftar game e-sport MOBA yang terkemuka di Indonesia yakni Mobile Legends, PUBG Mobile, sampai Warcraft.

2. Real Time Strategy

Mungkin, Anda tak jarang menemukan sebutan RTS di bermacam-macam media. Kerap pula, orang-orang mendiskusikan daftar permainan e-sport ini dengan rekan bicara, namun belum mengenal, apa RTS itu.

RTS singkatan dari Real Time Strategy. Pengertiannya adalah salah satu ragam game dengan menekankan diri pada pengumpulan sumber daya alam dan peperangan. Yang termasuk ke dalam ragam tersebut yakni Age of Empire pada perangkat PC.

Buat perangkat mobile sendiri, ada sebagian teladan game yang termasuk ke dalam RTS. Sebagai teladan, yaitu Clash of Clans. Permainan ini sempat tenar di Indonesia pada pertengahan tahun 2014 silam. Sampai sekarang pun, masih ada masyarakat yang memainkannya.

RTS ini memang digemari sebagian masyarakat. Oleh karena itu, pada e-sport asian games tahun 2018 lalu, penyelenggara membuka kompetisi pada bidang olahraga ini. Pastinya, dekrit penyelenggara disambut oleh negara-negara lain.

3. First Person Shooter

FPS merupakan singkatan dari First Person Shooter. Dianggap sebagai salah satu tipe game e-sport yang sedang ramai di Indonesia, malah sebelum permainan mobile seperti Mobile Legend atau Clash of Clans muncul.

Buktinya dari dulu, peminat kepada permainan FPS tak pernah berkurang. Setiap tahunnya pasti ada bahkan condong melesat. Sebab mengalami peningkatan konstan, pertandingan FPS banyak hadir dengan nominal hadiah mencapai jutaan rupiah.

Setidaknya, ada sebagian alasan mengapa game FPS sukses populer di Indonesia. Paling tampak yaitu permainannya yang seru sampai anak muda sangat menyukainya. Makin seru kalau bermain dengan sahabat atau kerabat terdekat.

Di sisi lain dengan FPS, pemain bisa mencoba bagaimana menenteng beraneka jenis senjata api yang mematikan. Ucap hanya itu, pemain malah dapat menyusun bagaimana taktik pas dalam menaklukkan setiap musuh.

Di antara permainan FPS di masyarakat, ada beberapa yang sering kali dilombakan. Sebut saja, seperti Call of Duty Mobile, PUBG, Counter Strike, Point Blank, dan Free Fire. Setiap pemenang kompetisi tersebut menerima penghargaan mulai dari puluhan juta rupiah.

4. Sport Game

Kelihatannya tidak mungkin ada orang yang tidak pernah bermain Pro Evolution Soccer (PES) di perangkat masing-masing. 

Bagaimana tidak? Masyarakat pasti menggemari permainan sepak bola satu ini. Saking cintanya, ada sebagian orang yang rela meluangkan waktu banyak hanya baginya dan menelusuri segala trik demi memenangkan tiap-tiap kompetisi.

Karena menjadi salah satu tipe game e-sport yang sedang naik daun, tidak sedikit pihak-pihak menggelar kompetisi PES secara online. Dengan total hadiah mencapai jutaan rupiah. Terang  saja, hal tersebut langsung disambut oleh para penggemarnya.

Selain PES, permainan olahraga lain dilombakan oleh masyarakat salah satu contohnya  pesaing PES, yakni FIFA. 

Bilamana Anda menyukai permainan dari bidang olahraga lain, contohnya bola basket. Ada pihak-pihak yang mengadakan kompetisi online. Memang jumlahnya tak sebanyak sepak bola sehingga kamu wajib mencarinya dengan ekstra.

5. Racing

Balapan dianggap salah satu daftar game e-sport pada tulisan kali ini. Eksistensinya terpisah dengan olahraga, meski genre balapan sepatutnya masuk ke variasi yang sudah kami tulis pada uraian di atas.

Mengapa pada akhirnya dipisahkan? Karena racing mempunyai penggemar dan target sendiri yang terang lain dengan jenis olahraga. Dalam rangka memfasilitasi para penggemar, pegiat game meluncurkan genre balapan.

Ada beragam game racing yang dikala ini dibuat pertandingan sendiri untuk memenuhi kebutuhan penggemar itu.  Sebagian umpamanya yaitu Need For Speed, Under Ground, iRacing, Track Mania, dan Project Cars. 

Seluruh persaingan itu menawarkan hadiah yang cukup melimpah, bahkan tembus kurang lebih jutaan rupiah untuk juara. Tidak jarang menyuguhkan hadiah dalam bentuk lain, seperti benda mewah atau tamasya ke suatu daerah.

6. Fighting Game

Apakah kamu tahu permainan Tekken 5 yang dahulu sempat populer di Indonesia, tepatnya tahun 2010 ke bawah? Terdapat satu fakta menarik dari permainan ini.

Ternyata, Tekken 5 bukan bagian dari permainan olahraga, entah apa alasannya. Yang pasti, masyarakat mengelompokkan Tekken ke dalam game fighting. 

Padahal, jikalau kita telaah lebih lanjut, patut Tekken dan permainan fighting lainnya dimasukkan ke dalam ragam permainan olahraga. Dengan sebab, permainan ini dapat memacu kemampuan dalam menyusun taktik ideal.

Terlepas dari itu seluruh, fighting game dianggap tipe e-sport yang wajib kamu kenal. Itu karena penyuka permainan beradu di Indonesia semakin meningkat tiap tahun. 

Faktanya yaitu hadir berbagai kelompok sosial di jagat maya yang memfokuskan diri pada seluruh hal perihal fighting game. Karena komunitas biasanya mempunyai anggota yang cukup banyak, yaitu lebih dari 100.

Kompetisi fighting game e-sport Indonesia sendiri kerap kali diselenggarakan oleh pelbagai pihak. Tentu tiap kompetisi menawarkan hadiah melimpah ke pemain. Dengan penghargaan tersebut, orang-orang akan minat untuk bergabung.

7. Collectable Card Game (CCG)

Permainan kartu dulu sempat terkenal di Indonesia, banyak masyarakat yang menggemarinya. Kini, penyukanya memang agak berkurang karena keberadaan genre game online lain. Tetapi, keberadaan masyarakat yang menyenangi CCG cukup solid.

Karena cukup kuat, pertandingan CCG pun digelar di Indonesia. Memang tidak terkenal seperti yang lain, tapi, peminatnya ada saja meski tidak banyak. Seiring berjalannya waktu, CCG malah masuk ke dalam salah satu jenis permainan e-sport untuk tahun sekarang.